#DolanSemarang Bukan Dolan Biasa

21.44 Dea Maesita 9 Comments

Semarang kaline banjir~
Yen sumelang ojo dipikir~

Lagu itu mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kamu. 
 Tapi, apa sih hal yang pertama kali terlintas di pikiranmu ketika mendengar kata "Semarang"?
1. Udaranya yang panas? Langganan banjir rob?
2. Tempat wisata sejarahnya yang oke punya? atau,
3. Kulinernya yang endesss bembess gurindang?

Kalau saya sih milih poin yang nomer tiga. Hehe :p
Yap! Semarang mungkin salah satu surganya kuliner buat yang doyan icip-icip. 
Jenis kulinernya beraneka ragam, seakan memanjakan penikmat kuliner untuk mencicipi semuanya. :)
Lumpia, Wingko babat, Tahu gimbal, Kue moachi, Kue ganjelrel, Soto Semarang, Tahu Pong, Es Conglik ... Ah itu sih cuma segelintir. Sisanya masih banyaaak  jenis kuliner yang bisa kamu cicipi. Penasaran?

Dan potensi wisata kuliner inilah yang dilirik oleh mahasiswa-mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Diponegoro yang bekerjasama dengan @VisitSemarang untuk mengadakan acara #DolanSemarang.

Kami Siap! Kami Siap!

Acara games kuliner ini diadakan pada hari Sabtu, 22 Desember 2012 kemarin yang bertempat di Kawasan Pecinan Semawis. Tujuannya adalah untuk mengenalkan sekaligus memperdalam pengetahuan tentang kuliner khas kota Semarang kepada para pesertanya. Acara yang seharusnya dimulai pada pukul 19.00 WIB ini terpaksa mundur sampai pukul 20.00 lebih dikarenakan kendala cuaca. Meskipun hujan mengguyur lokasi kegiatan, para peserta terlihat semangat untuk segera bertanding. Kalau diinget-inget, acara ini mirip reality show runningman yah! :)



Pertama-tama, peserta sebanyak 20 orang dibagi menjadi empat tim, yang masing-masing tim terdiri dari lima orang. Nama timnya lucu-lucu loh. Ada Tim Moachi, Tim Gandos, Tim Tahu Gimbal, dan Tim Ganjelrel. Nama tim itu diambil dari nama-nama makanan khas Semarang. Aku sendiri masuk di team ganjelrel bersama Mbak Tata (Ketua tim), Prima, Mbak Dita, dan Mbak Ninna. Masing-masing tim didampingi oleh 1 orang LO. Dan keempat tim-pun digiring menuju pos pertama. Dan games pertama pun segera dimulai :D
Satu-satunya tim yang anggotanya cewe semua! Gagal Modus deh!
Mengawali acara, games pertama adalah lomba estafet jelly bubble. Dibutuhkan teamwork yang kuat untuk memenangkan lomba ini. Masing-masing peserta diberi sumpit, dan harus meng-oper jelly bubble kepada peserta di timnya sampai sisa waktu berakhir. Tim yang berhasil memindahkan bola-bola jelly paling banyak-lah yang menang! Agak gemes sih waktu main game ini, habisnya bola-bola jelly nya sering jatoh waktu dioper ke peserta lain :(

Bolo-bolo #Eh , Bola-bola jelly maksudnya :p Jadi keinget minuman Okky Bollo Drink :p

Sumpit hatiku Mas! Sumpit hatiku! *Apabanget*

Selanjutnya, games ke-dua yaitu lomba menebak makanan. Masing-masing peserta ditutup matanya dan diminta untuk menebak nama makanan apa yang didapatnya. Peserta dibolehkan untuk menyentuh tekstur makanan, menghirup aromanya, dan bagian yang paling enak yaitu.... memakannya! Hahaha :p
Setelah selesai dimakan, peserta diperbolehkan untuk membuka penutup matanya, dan setelah itu, peserta diharuskan untuk mendeskripsikan makanan tersebut di atas selembar kertas yang telah disediakan panitia. Poin di dalam games ini diperoleh jika peserta berhasil menyebutkan nama makanan yang ditebaknya dengan benar. Selain itu, deskripsi dari makanan tersebut juga berpengaruh terhadap poin yang diperoleh, seperti misalnya deskripsi harga makanan tersebut, tekstur, rasa, bahan-bahan, dan lain-lain.

Yang lain masih mengendus-endus, sementara itu, (aku yang di tengah) udah bernafsu buat melahap kue gandos :p

Dan yang terakhir yakni Games ke-tiga! Masing-masing tim dibekali uang sebesar Rp. 50.000,00 untuk membeli   makanan dan minuman yang ada di Kawasan Semawis ini. Tim yang menang adalah yang berhasil mengumpulkan paling banyak jenis makanan dengan uang lima puluh ribu tersebut. Dan kami-pun dengan semangat '45 segera menghampiri tiap-tiap kios untuk membeli sekaligus menawar makanan dan minuman dengan harga yang paling murah! Ada banyak jenis makanan yang kami beli, seperti pisang plenet, tahu tegal, es conglik, es bubble, keripik tempe, siomay, otak-otak ikan, dan lain-lain. Oya, untuk yang muslim, hati-hati ya kalau membeli makanan di Kawasan Semawis ini. Ya maklum, karena memang kawasan tionghoa, nggak semua makanan yang dijual disini halal.

Aneka Siomay dan Bakso

Liang The

Pisang Plenet

Es Puter Conglik

Zuppa Soup

Tahu Aci

50ribu udah dapet ini semua. Uangnya masih sisa banyak :D
Di sela-sela games ini banyak banget kuis yang dikasih sama panitia. Ada kaos, voucher makan, dan lain-lain. Seru deh pokoknya. Aku sendiri menang lomba livetwit :p lumayan dapet kaos dan voucher makan. Eh admin twitter @KotaSMG menang livetwit juga tuh. Haha bwt yang penasaran sama wajah mas admin, bisa diliat di bawah :p 


Ihiy menang lomba livetwit :p

Dan acara yang ditunggu-tunggu adalah pengumuman pemenang! Juara 1 dimenangkan oleh tim Gandos. Huhu. Walaupun tim kami nggak menang, tapi fun lah overall :)

"Team Gandos, yang lain Gondes!" Slogan mereka -_-

Yayy! Dan acara diakhiri dengan berfoto bersama di gerbang pecinan. Rugi yang nggak ikutan! :)

Sumber foto : dotsemarang



Oya, Kabar-kabarnya nih, acara #DolanSemarang bakalan diadain lagi tahun depan. Monggo kalau pengen ikutan!
Dan makasih udah menyimak review saya :)

You Might Also Like

9 komentar:

  1. Thanks ya dhea buat tulisannya tentang #DolanSemarang, minta doanya aja supaya taun depan (bbrapa hari lagi) kita bisa ketemu lagi di #DolanSemarang berikutnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Sofi. Thanks juga udah mampir kesini.
      Aamiin semoga ada lagi. Akan lebih baik kalau yg ikut jg dari luar kota. Biar mereka yg dari luar Semarang jg bisa menikmati Semarang dengan mendalam :)

      Hapus
    2. next time smoga bisa terlaksana dengan jangkauan yang lebih luas, tapi tetep yang jadi fokus orang semarangnya dulu, daripada ngundang yang dari luar tapi semarangnya sendiri belum tau.. hehe...

      Hapus
  2. waaaa aku juga mau donk ikutan dolan semarang. seru kayanya.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi ikutan aja kalau ada lagi. Seru looh x)

      Hapus
  3. blog walker,,

    nice info dan kelihatannya seru yak,, semoga bisa maen ke semarang... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo :)
      Amin, dijamin seru kalo main ke Semarang

      Hapus
  4. mau tanya ni kk es puter congklik jualanya di mana yo?

    dari dulu aq nyari gak ketemu soalnya.. suwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari gerbang semawis, mereka jualan di kiri jalan biasanya.
      Nemunya pas malem minggu doang sih, kalo hari biasa nggak tw deh mereka jualan apa endak.

      Hapus