Posting sepesial buat Maba :D

22.31 Dea Maesita 2 Comments


Wah. . mahasiswa baru udah pada siap-siap masuk Undip aja nih. .berasa udah tua ajaa. *Hiks*
OK, well karena issue yg paling santer di kalangan Maba (Mahasiswa Baru) adalah gue keterima di Universitas ini loh..bla bla bla. Maka dari itu, hal yg paling penting untuk pertama kali dipersiapkan buat calon mahasiswa yang berasal dari luar kota adalah... *eng ing eng* malah main tebak-tebakan..hahaha
Yup bener! nilai 100 buat kamu, 1000 buat aku :P Jawabannya adalah kosan.
Kosan adalah hal penting buat Maba, kosan itu sama juga kyk rumah yg menjadi kebutuhan primer buat manusia. Kosan adalah rumah ke-dua, tempat dimana kita istirahat, belajar, berkreativitas setelah menghabiskan waktu seharian di kampus *khusus buat mahasiswa yg campus-addict kayak aku sih* ehehe kosan cuma buat numpang tidur dan belajar.

Jadi keinget lagunya #monkey to millionaire ''Disini kubebas mewarnai, biru untuk rumput itu, dan hijau untuk langit itu, apa saja di tempat itu''
Ato lagunya #sheilaon7 ''Aku mulai nyaman, berbicara pada dinding kamar''
So, kebukti kan? kalo kamar itu tempat pribadi buat melakukan aktivitas yg kita mau tanpa orang lain harus tahu.

Aku mau ngasih panduan nih, buat adek-adek Maba maupun Calon Maba yg mau masuk universitas khusunya buat Maba Universitas Diponegoro. Berikut ini tips-tipsnya :
1. Kalo kamu udah positif keterima di Univ mana, buruan dateng ke kota itu. Misalnya kalo kamu keterima di Undip, So kamu harus cepet-cepet dateng ke Semarang buat nyari info tentang kampus dan info tentang kosan. Soalnya tiap tahunnya universitas menerima bukan cuma ratusan,tapi bahkan ribuan maba. Buruan cari kosan! Soalnya kalo nyari kosan belakangan, terutama buat yg keterima lewat jalur Snmptn atau UM2, biasanya maba yg keterima lwt jalur yg paling akhir, bakalan susah bwt nyari kosan. Akhirnya dapet yg seadanya deh, lebih mahal, lebih jauh. Yaa tergantung keberuntungan juga sih. Ehehehe

2. Alternatif ke-dua, Kalo kamu punya kenalan ato kakak kelas yg udh duluan masuk universitas yg sama, kamu bisa minta bantuan mereka buat nyariin kosan tanpa kamu harus dateng ke kota itu duluan.
Ato kamu juga bisa minta tolong kakak-kakak di BEM Fakultas, BEM Universitas, maupun Komunitas Mahasiswa Regional yang biasanya mbikin stand di kampus,khusus buat ngebantuin Maba dan ngasih info kosan. Kalo di Undip biasanya mereka mbikin stand di depan gedung soedarto pas acara verifikasi dan tes kesehatan. Gratis Loh nanya-nanya dsitu.

3. Sekarang juga banyak mahasiswa yg mbikin bisnis jasa pencarian kos. Kamu tinggal ngasih kriteria kos yg kamu pengenin (Standar harga, 1kamar buat sendirian ato untuk 2 orang, pengen yg deket ato jauh dari kampus, transportasi yang dapat dijangkau dari kos, masalah keamanan, pengen yg ada ibu kosnya ato enggak, dll)
Nah setelah kamu ngasih kriteria, kamu bakalan diajak survei tentang kosan yg sesuai dengan keinginan kamu.
Untuk masalah pembayaran jasa pencarian kos itu, mereka sih biasanya nggak menetapkan harga. So, kamu boleh ngasih semau kamu, asalkan sewajarnya yak. Kasian kan mereka udah muter-muter nyariin kosan tapi cuma kamu kasih goceng. Hehehe soalnya muter nyari kosan tuh lumayan melelahkan loh. Trust me. Ngabisin bensin juga ><

4. Pastikan bahwa kamu mbawa uang buat DP kosan. Kalo kamu udah cocok sama salah satu kosan, biasanya ibukosnya minta uang DP buat jaminan bahwa kamu udah pasti akan nempati kosan itu. Soalnya kalo kamu nggak ngasih DP, kosan itu bisa-bisa ditawar orang lain dan ibukosnya ngasih ke orang lain gitu aja. Nggak mau kan kejadian kek gitu? Besarnya DP sih terserah ibukosnya. Ada yg cuma minta 50rb.. Tapi ada juga yang minta DP yg seharga dengan pembayaran kosan 1bulan. Kalo boleh usul sih pinter-pinternya kamu nego ke ibukos aja. Minta DP yang dikit aja. Cz kalau tiba-tiba kamu nggak cocok lagi dan pengen pindah kosan lain, duit kamu yg ilang cuma dikit. Ehehe *licik dikit gpp lah*

5. Kalo kamu udah ngasih DP, so kamu udah bisa tenang. Kamu bisa ngangkutin barang kamu kesitu, tata ruangan kamu senyaman mungkin, dan kasih pernak-pernik biar kamarmu nggak ngebosenin.
Oia jangan lupa nanya ke ibukosmu, kalau mbawa barang elektronik, nambah biaya listrik lagi ato enggak.

6. Kalo kamar udah tertata rapi, kini saatnya buat kamu kenalan sama tetangga-tetangga kamarmu. Sosialisasi itu penting lho, jadi kalau ada apa-apa di kosan, kamu bisa minta tolong ke anak kosan yang udah tinggal lebih lama disitu.

7. Jangan lupa buat selalu ngejaga kebersihan kamar kamu. Biar lebih rapi, kamu bisa beli tempat sampah, rak sepatu, rak buku buat ditaruh di kamar kamu. Kalo sewaktu-waktu ada temen kamu yg main ke kosan, kan jadinya nggak malu juga kalo kamar udah rapi selalu :D

Oia aku juga sering muter2 kawasan kampus buat nyari kosan. Saking seringnya nyari info masalah kosan, aku jd apal harga rata-rata kosan di kawasam Undip pleburan maupun tembalang. Semoga bisa jadi referensi harga deh buat kamu :D
Here it is.
*Pleburan*
Kosan yg sederhana : 1kamar bwt 1orang jatuhnya 250-300 rb perbulan.
Kosan yg sederhana : 1kamar bwt 2orang, jatuhnya perorang 150-200 rb perbulan.
Kosan yg agak deluxe : 1kamar bwt 1orang jatuhnya 400-450 rb perbulan.
Kosan yg agak deluxe : 1kamar buat 20rang jatuhnya 350-400rb perbulan
Kos yg exclusive : 1 kamar buat 1orang jatuhnya 750rb-1juta perbulan


*Tembalang*

Kosan yg sederhana : 1kamar bwt 1orang jatuhnya 250-350 rb perbulan.
Kosan yg sederhana : 1kamar bwt 2orang, jatuhnya perorang 250-350 rb perbulan.
Kosan yg agak deluxe : 1kamar bwt 1orang jatuhnya 400-600 rb perbulan.
Kosan yg agak deluxe : 1kamar buat 20rang jatuhnya 350-400rb perbulan
Kos yg exclusive : 1 kamar buat 1orang jatuhnya 700rb-1juta 250rb perbulan

Good luck. .semangaaat bwt yg lagi bingung masalah kosan *termasuk penulisnya, ssst rahasia T~T*

You Might Also Like

2 komentar:

  1. hyaaaaa.
    saya lahir di jogja dan kuliah di jogja
    jadinya belum pernah ngerasain yang namanya cari kos . hehehe
    mampir di blog saya :)

    BalasHapus
  2. waaa enaknya.. sekali-sekali nyoba jadi anak kos feraa.. S1 boleh di jogja, lalu S2 ?
    Btw kamu lumayan update di blog. Aku bakalan sering mampir deh. Blogmu keren loh swear :DD

    BalasHapus